Sabtu, 26 September 2009

Tatanan dunia baru didepan mata dengan peran central negara-negara G 20.


image from wikipedia

Hasil putusan bersejarah dalam pertemuan pemimpin G20 di Pittsburgh 2009-09-26 sebagai loncatan besar , bahwa negara G20 akan mengambil alih peran negara G8 terutama dalam bidang ekonomi.


Negara-negara G20 antara lain: Argentina , Australia , Arab Saudi ,  Amerika serikat , Afrika selatan , Brasil , China,      India , Indonesia , Italia , Inggris , Jepang , Jerman , Kanada , Korea selatan , Meksiko , Perancis, Rusia , Turki ,     dan Uni Eropa .

keputusan para pemimpin negara G20 inilah yang akan mewarnai wajah dunia abad 21 . Kita yakin dengan peran serta negara berkembang dalam setiap pertemuan G20 , akan banyak mempengaruhi kebijaksanaan dalam mengelolah kemakmuran penduduk dunia, agar tidak lagi terjadi ketimpangan dalam hal ekonomi, sosial , hukum, keamanan , budaya , dan dapat hidup berdampingan secara damai dan penuh toleran.

Mari kita lihat kedepan , tatanan baru dunia segera akan datang, di mana dapat dihindari krisis multi dimensi yang pernah terjadi di Indonesia, karena pada saat itu, kita tidak berdaya menghadapi negara-negara maju dalam memberi bantuan yang salah arah melalui IMF. Kedepan tidak ada lagi kebijakan yang dapat merugikan satu negara sebelum melalui keputusan Forum G20.

Kesempatan bagi pemerintah Indonesia untuk mengambil kesempatan , Negara ini dapat  memainkan peranan yang lebih besar guna memajukan kesejahteraan bangsa Indonesia khususnya dan bangsa di dunia pada umumnya.






Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan tulis komentar anda di kotak ini,komentar anda dapat mencerahkan bagi kita semua, terima kasih, tetap semangat dan selalu berbagi.