Sabtu, 29 Juni 2013


Bus Pointer by: balog


Menjelang bulan puasa , karoseri bus di tangerang berhasil menyerakan bus pesanan pelanggannya dengan baik dan tepat waktu.Dengan serie model pointer Bus ini akan bertugas di provinsi Lampung di sumatera bagian selatan.

Sabtu, 25 Mei 2013

Panen raya karoseri bus di mulai

image by: balog
Seperti ritual setiap tahun menjelang lebaran, order karoseri bus mengalir deras. Tinggal pengusaha karoseri yang harus pintar-pintar mengatur tenaga dan sumberdaya untuk menyambut panen raya kali ini.
Beberapa perusahaan karoseri telah tidak menerima pesanan sampai lebaran yang akan datang. Kapasitas telah penuh.
Pasar bus angkutan dan bus pariwisata , masih terbuka lebar.. Banyak perusahaan baru muncul dan bersaing bebas dengan perusahaan bus yang telah mapan , tinggal pengusaha yang sabar dan berhati-hati dapat menjalankan usaha angkutan bus dengan berhasil yang penuh risiko ini. Semua ini membuat perusahaan karoseri bus mendapat order yang lumayan dari para pelanggan tetapnya.
Beberapa perusahaan bus mulai lagi dengan membangun sendiri bus nya untuk memenuhi permintaan akan bus angkutan yang terus meningkat yang tidak dapat diikuti kapasitas dari industry karoseri bus.
Beberapa kendala cashflow telah melanda beberapa karoseri, sehingga kapasitas terpasang justru terkendala dari lemahnya arus cash tersebut sehingga kesempatan panen kali menjadi terasa lebih berat untuk menyelesaikan begitu banyak pesanan  yang harus selesai tepat waktu.

Kamis, 09 Mei 2013

Kapasitas produksi karoseri bus terkendala menjelang panen raya Lebaran

image by: balog
Kapasitas produksi  bus besar di perkirakan tidak mampu menyerap permintaan produksi bus besar pada musim lebaran kali ini. Banyaknya masalah internal dan eksternal yang cukup berat yang terjadi di kalangan Industri bus besar serta beban investasi serta penagihan piutang kurang lancar , kenaikan biaya tetap berupah upah buru/karyawan   serta kenaikan biaya listrik dan bahan bakar mengakibatkan terkendalanya  kapasitas produksi  di pabrik karoseri bus.
Berkurangnya  kapasitas ini , akan menimbulkan dampak bagi operasi operator bus yang tidak mungkin  akan mempengaruhi kelancaran transpotasi akbar mudik bersama pada saat menjelang lebaran Tahun ini.
Diperlukan penanganan ekstra hati-hati untuk dapat melewati situasi yang kurang menguntungkan ini , bagi  pabrik karoseri bus yang terkendala masalah tersebut.
Semoga ..semua ini hanya pemikiran saya yang salah..sehingga industry karoseri bus siap dan dapat memenuhi pemesanan karoseri bus yang dapat di perkirakan akan meningkat di musim lebaran ini.

Kamis, 25 April 2013

Murni jaya Po bus di lintasan berlobang Anyer cilegon

image by: balog
  
Bus berwarna cerah ini, setia mengantar penumpang menerjang Jalan berlobang lintas pantai ayer cilegon dari poll nya di kota Labuhan ujung barat pulau Jawa menuju Jakarta melalui jalan mulus toll Merak Jakarta.
Untuk menambah semangat  persaingan, levery Murni jaya di perbaharui dari waktu kewaktu , Bus –bus baru bermunculan dengan  berbagai warna levery dan di dukung beberapa karoseri yang handal  seperti  karoseri  Trisakti , Trijaya Union dan Inhouse karoseri dari pemilik PO. Murnijaya.
Hanya dengan bus-bus yang di karoseri dengan baik konsruksinya yang dapat  lolos tanpa mengalami patah rangka busnya  di lintasan berlobang Ayer cilegon sepanjang garis pantai tersebut. Hal ini dapat terjadi karena Bus harus dilarikan pada kecepatan kencang dilintasan berlobang  dengan penumpang penuh, yang mengakibatkan benturan -benturan yang keras yang akan membuat patah atau lepas bagian kontruksi landasan disekitar crosmember rangka body bus tersebut.
Karakter supir dan persaingan ketat sesame perusahan bus  yang membawah dampak  banyaknya laporan kerusakan pada bagian landasan konstruksi body bus di lintasan ini, berbeda bila bus dibawah di daerah berlubang di Sumatera , pada umumnya bus yang melintasi daerah berlubang disana akan menjalankan bus nya secara hati-hati dengan kecepatan sedang , mengingat jalan di sumatera relative lebih sempit pada daerah-daerah tertentu.

Minggu, 07 April 2013

Cara memandang penampilan / appearance hasil karoseri mini bus telah berubah


image by: balog

Persaingan produk mini bus berkembang cepat saat ini , menyusul masuknya merk-merk baru dalam perdagangan di segmen ini. Sebut saja pendatang baru dari korea dan tidak mungkin menyusul produk dari China. Konsumen telah terbiasa melihat penampilan produk berkwalitas hasil full manufacture assyplant seperti mobil yang banyak beredar di Indonesia dengan sebutan mini bus di stnk nya (Surat tanda nomor kendaraan ) seperti jenis  Avansa , inova , levina , grandmax  dan lain-lain.
 Produk –produk tersebut di atas dalam proses produksinya telah memakai bahan panel yang dicetak dengan sistim stanping dies, sehingga semua kostur ,lekukan,ukuran dan penampilan part body semua sama persis setiap mobilnya. Belum lagi proses produksi ban berjalan yang dapat menghasilkan produk yang standard dalam kecepatan yang dapat terukur tepat.
Menjadi delema saat satu produk mini bus di produksi oleh karoseri..kebanyakan bahan panel di buat dengan  proses bending ( tekuk) sehingga pada saat proses pembuatan part pasti memerlukan tangan trampil untuk membuat panel menjadi part body sebelum di rakit. Hasil standard dan kecepatan produksi  sangat di pengaruhi ketrampilan operator, seperti proses putty , wed sanding dan top cote ( pengecatan ) body sangat tergantung dari hasil  kerja manual , mengingat produk karoseri dengan perakitan  panel dengan sistim Bending lebih banyak memakai bahan dempul dari pada panel yg dihasilkan dengan proses stamping dies (cetak tekan).
Jadi tidak heran produk karoseri sekarang kurang di minati oleh konsumen di kota-kota besar , hal ini di sebabkan  oleh cara melihat produk karoseri telah berubah , konsumen melihat produk yang di hasilkan harus tidak kalah dalam penampilan nya (appearance )
Satu-satunya produk karoseri  yang masih bertahan dengan produk hampir menyamai kwalitas penampilan yang disebutkan di atas adalah Mini bus star wagon L300 , produk resmi Mitsubishi , yang sekarang di rakit dengan cara semi manufacture di line produksi karoseri Trijaya union di Bitung.
Dengan kwalitas  produk  Starwagon  Mitsubishi L300 yang demikan , Varian L300 mini bus ini bertahan dan tetap melayani permintaan konsumen di seluruh pelosok Indonesia.

Sabtu, 16 Februari 2013

Perusahaan karoseri bus menghadapi tantangan berat di tahun 2013



image by: balog

Berbagai  kendala sedang  mempengaruhi  jalan nya usaha karoseri di awal tahun 2013 seperti  issue sebagai berikut ;
1 . Demo buruh menuntut kenaikan upah
2. Berkurangnya pasokan gas Co untuk produksi
3. Naiknya beberapa bahan baku karoseri
4. Terlambatnya pasokan pipa besi dll.
5. Situasi tidak menentu menjelang Pemilu tahun 2014
Isue-issue diatas menjadi tantangan terberat bagi pimpinan untuk menjalankan usaha padat karya sekaligus  padat modal ini. Tidak mudah  untuk menerapkan strategi apa bagi perusahaan karoseri untuk bertahan hidup dalam persaingan yang berat ini,
Beberapa karoseri bus yang di bangun dengan modal kecil sudah gulung tikar, ada juga karoseri besar di Jawa barat merombak manajemen dan memberhentikan karyawannya secara besar-besaran guna menghadapi tantangan ini.
Beberapa alternative harus di ambil dalam menjalankan usaha karoseri ini menurut pandangan saya yang dangkal ini seperti berikut ;
1. Konsilidasi kedalam untuk member kesadaran bagi karyawan untuk tidak menuntut upah melebihi       kemampuan perusahaan.
2. Mengurangi stok bahan baku yang tidak perlu.
3. Berhemat pemakaian bahan baku setidaknya 10 persen.
4. Bekerjasama dengan pemasok untuk bersama menghadapi persoalan diatas sekaligus menyamakan pandangan dan saling mendukung untuk mendapatkan saling percaya.
5. Bekerjasama dengan konsumen dan menegosasikan kondisi produksi untuk mencapai tujuan dan keuntungan bersama.
6. kepada karyawan di beri pengertian agar lebih giat berpikir  , bekerja  dan menjalankan produksi dan bekerja efisien dan hemat dalam segala bidang.
7.  Tetap bersemangat menghadapi tantangan di tahun politik ini, yang tentunya akan banyak gejolak yang ujungnya kenaikan bahan pokok produksi karoseri bus secara signifikan.
Mari kita dengan cepat mengantisipasi menghadapi tantangan yang cukup berat ini, Namun tidak ada hal persoalan dan tantangan yang tidak dapat di lalui bila kita bekerja sama, terbuka, jujur dan saling percaya.


Minggu, 03 Februari 2013

Sabah bergolak oleh pendudukan tentara royalis Sultan Sulu


 
image from wikipedia

Sabah kembali membuat berita menyusul upaya ahli waris sultan di raja Sulu mengirim tentara dan rakyat bersenjata , datang menduduki  Lahad datu Negara bagian Sabah di utara borneo. Dengan menggunakan perahu ratusan sukarelawan tentara kesultan Sulu , datang dan menduduki yang menurut mereka tanah air kesultan sulu yang telah di anektasi oleh kerajaan Malaysia melalui penyerahan kekuasaan oleh pemerintah Inggris , menyusul kemerdekaan  kerajaan Malaysia pada tahun 1963.
Sabah akan terus bergolak entah sampai kapan, mengingat klaim dari kesultan sulu akan terus berlaku, mengingat kerajaan Malaysia secara resmi membayar uang penyerahan sekitar 5000 ringgit setiap tahun kepada pihak ahli waris kesultan sulu  yang  rakyatnya telah menjadi warga Negara  Filiphina.
Kabarnya , pemerintah Filiphina juga telah menyerahkan sengketa perbatasan ini kepada pengadilan International di denhag Belanda.
Semoga krisis Lahad datu di Sabah ini cepat berakhir dengan tidak mengorbankan banyak nyawa, mengingat tentara kesultan Sulu telah bertekad bertempur sampai mati di Sabah.

Selasa, 15 Januari 2013

Perjalana ke kota Milan Italia dengan transpotasi efisien


bus listrik fedder Metro kota Milan Italia
image by: balog

Tidak dinyana, saya masih di beri kesempatan oleh Tuhan yang maha esa dapat berkunjung ke kota Milan Italia. Berangkat dari Bandara sukarno hatta Jam 00.25 dini hari menumpang pesawat  A380 airbus Quatar airline kami menuju kota Milan Italia , setelah terbang sekitar 9 Jam pesawat stop over transit di airport sibuk kota Doha di negeri Quatar di timur tengah, setelah mengisi bahan bakar dan menambah penumpang,  pesawat melanjutkan penerbangannya ke kota Milan yang memakan waktu sekitar 5 Jam lagi dan mendarat di airport international MPX Malpensa kota Milan di Italia. Pilihan Quatar airline karena tiket pesawat penerbangan inilah yang termurah saat ini.
Sesampai di airport Malpensa kita dapat memilih pengangkutan ke kota yang berjarak kurang lebih 50 km  kepusat kota dengan taxi, bus atau tram yang disebut Malpensa express. Yang terakhir ini yang kami pilih karena yang paling pasti dan termurah hanya 10 euro sekali  jalan menuju centralstasion di kota Milan. Informasi yang saya dapat bila naik taxi sekitar 80 sampai 100 euro.
Bersamaan dengan membantu anak menyelesaikan admisnistrasi sekolah , tempat pemondokan dan izin tinggal serta perbankan, yang berjalan lancar, karena semua tempat tujuan telah di terangkan oleh pihak sekolah dan di beri peta cukup lengkap, kita tinggal mengikuti petunjuk nya.
Dalam kesibukan membantu anak inilah saya sangat menikmati  dan merasakan bagaimana gampangnya transpotasi kota Milan di laksanakan. Di kota ini ada tram , bus , dan train di dalam tanah yang di sebut Metro.
Terdapat tiga jalur Metro di kota Milan , Jalur hijau , jalur merah dan jalur kuning  , di bawah tanah dan kereta api untuk jarak jauh seperti malpensa expres dan kereta atm yang menghubungi kota-kota besar di Italia bahkan ke kota-kota besar di europa.
 Untuk memancing dan mensuport angkutan Metro, kota Milan didukung juga dengan bus ,tram serta bus listrik yang mempunyai jalur khusus berbarengan dengan jalan kendaraan umum lainnya. Namun demikian efisiennya angkutan ini, hingga saya hampir tidak melihat ada tempat yang terjadi kemacetan.

Selasa, 09 Oktober 2012

L300 Mini bus legendaris otomotif Indonesia


Sejak diluncurkannya untuk pertama kali di tahun 1981 , 31 tahun silam, penampilan Mitsubishi L 300 tidak banyak berubah, hanya beberapa perubahan pada grill dan mesin yang terus berlangsung  hingga saat ini. Mitsubishi Krama Yudha tiga berlian motor , yang menjadi distributor  dan produsen terus akan mempertahankan varian produk ini sampai beberapa tahun kedepan.
Kehandalan,kenyamanan dan keamanan kendaraan L 300 ini telah terbukti , kemudahan perawatan, suku cadang terdapat di mana-mana,harga yang terjangkau serta mutu produk yang kuat tahan lama menjadikan produk L300 Mini bus ini masih di lirik dan di minati. Belum ada varian mini bus di Indonesia yang dapat bertahan sekian lama, sehinga varian L300 mini bus Starwagon ini dapat disebut L300 Legendaris
imade by: balog
Mini Bus L300 mini bus , Awalnya di karoseri banyak perusahaan karoseri di seluruh pulau Jawa, sehingga mutu dan keamanan nyapun  tidak standard. Untuk mempertahankan mutu , standard dan nama besar Mitsubishi yang terkenal memproduksi kendaraan dengan mutu dan safety yang tinggi , maka  Krama yudha tiga brlian motor ( KTB) juga meluncurkan varian  Minibus L300 starwagon  legendaris  yang  saat itu di produksi  di kota Cirebon dan kota Tambun/Krawang. Produk ini di buat dengan sistim press body dan pemasangannya bodynya dengan sistim perakitan , memakai sistim pengelasan Spotwelding serta pretreatment Phospating untuk mencegah karat untuk dasar pengecatan body yang baik.

Jumat, 21 September 2012

Jakarta mendapat pemimpin baru

Pemilihan umum putaran ke dua telah sukses memilih Gubernur yang baru, dengan antusias rakyat Jakarta sejak pagi telah mendatangi  Tempat pemungutan suara( TPS). Berbagai isu miring di media dunia maya , tidak mengoyakan persatuan dan kematangan demokrasi rakyat Jakarta, yang dengan sadar memilih calon Gubernur Jakarta dengan tertip , bebas dan rahasia.
Sekarang sudah dapat dipastikan pemenang dari pemilihan  tersebut.  Jauh hari sebelum pemilihan , telah banyak kalang yang menyatakan pasangan Jokowi-Basuki akan menang dalam pilkada kali ini, baik dari pasar , tempat kerja,di atas taxi dan disekitar kita , hampir semua menyatakan dukungan kepada  Joko Widodo dan  Basuki  tjahaya Purnama untuk dapat menjadi  pasangan Gubernur DKI yang baru.
image from blogger
Dengan selogan Jakarta baru, kedua pasangan memakai baju kotak-kotak telah menadi icon dan daya tarik bagi rakyat Jakarta yang ingin melihat Jakarta yang baru, mengingini pemimpin yang dapat memberikan rasa aman, sejahtera dan bebas dari keruwetan Jakarta yang padat ini , serta dapat mengelola birokrasi Jakarta bebas dari korupsi dan menjadikan  pegawai pemerintah DKI sebagai pelayan bagi rakyat Jakarta/
selamat bagi pak Jokowi dan Ahok , semoga sukses dan mendapat mempersatukan rakyat Jakarta untuk mengurangi , kemacetan, Banjir dan menertipkan Jakarta sebagai pintu gerbang bangsa Indonesia dimata International...semoga

Sabtu, 18 Agustus 2012

Dirgahayu republik Indonesia 2012

Dengan semangat kemerdekaan Indonesia tahun 1945, kita galang budaya anti korupsi dan semangat untuk membangun manusia Indonesia yang bermartabat , toleran , kerja keras, bela negara, anti kekerasan dan peduli dengan sesama manusia.

                  SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 

 bila ada salah kata salah tulis yang tidak disengaja mohon maaf lahir dan bathin dari pribadi saya sebagai admin yang tidak luput dari kehilafan dan keterbatasan

Rabu, 15 Agustus 2012

Kesempatan membangun usaha Bus pariwisata terbuka lebar


bus pariwisata


Dengan pertumbuhan pendapatan kelas menengah dan para pekerja yang meningkat, serta keamanan dalam negeri yang cukup baik..ditambah kurang stabilnya keamanan daerah Timur tengah serta berkembangnya objek –objek wisata di asia , khusus nya asia tenggara..Banyak pelancong datang ke Indonesia.
Sepanjang tahun pariwisata domestic bergeliat dan banyak memakai bus pariwisata, menyaingi pemakaian bus pariwisata pelancong manca Negara. Bus bus besar juga banyak di pakai untuk memenuhi keperluan seperti hari liburan anak sekolah, musim haji,gathering karyawan pabrik, berdarmawisata bersama lingkungan rukun tetangga (RT) sampai puncaknya mudik bareng atau pulang kampung bersama gratis yang di selenggarakan oleh corperate sebagai bentuk corperate social responsibility (CSR) serta mudik lebaran serentak oleh perantau di seluruh Indonesia.
Dengan pertumbuhan yang cukup bagus dan di perkirakan akan terus meningkat di tahun-tahun mendatang, inilah saat yang sangat tepat untuk membangun usaha Bus pariwisata..
Lihat saja corporate besar , tidak tanggung tanggung membeli ratusan chassis bus untuk di bangun di karoseri bus , guna menambah armadanya dengan cepat , di ikuti peluang usaha bus yang menjanjikan…

Kamis, 19 Juli 2012

Usaha karoseri bus penuh resiko

image by: balog
Usaha karoseri bus memasuki masa sulit mendapatkan tenaga kerja terampil untuk mempertahankan usaha dengan risiko yang cukup tinggi ini. Peremajaan pekerja terampil sangat memakan waktu, tidak banyak pribadi karyawan harian ini yang ingin maju dengan penghasilan yang  baik,mereka sudah cukup puas dengan hasil yang mereka raih hari demi hari, tidak lagi  memikirkan untuk menginvestasikan tenaga-tenaga muda untuk mengembangkan usaha kelompok atau group untuk mendapat meningkatkan kapasitas  kerja yang dengan sendirinya akan meningkatkan penghasilan kelompok kerja tersebut.
Budaya cepat puas ,tidak ingin mengajarkan ilmu kepada orang lain, tidak turut memikirkan kemajuan tempat usaha tempat mereka bekerja, Tidak ingin belajar teknologie baru bidang karoseri bus, terus menerus mempertahankan proses kerja yang lama, tidak ingin berubah, semua ini membuat usaha karoseri bus sangat tergantung kepada tenaga-tenaga yang mulai menurun produksivitas dari tahun ke tahun.

Kamis, 12 Juli 2012

Outlander sport suv by: Mitsubishi

Akhirnya  awal bulan Juli  tahun 2012 ini menjadi tonggak penting kebangunan Industri otomotif, khusus nya untuk Mitsubishi Motor  di Indonesia, Outlander spot mobil Suv premium ini  di produksi di Indonesia  untuk pertama kali di luar Jepang .
image by: balog
Dengan Mesin 2000 cc , adik Pajero spot ini , di perkirakan akan disambut baik di pasar mengingat harga yang sangat kopetitif sekitar 285 juta sampai 325 juta rupiah.
Mari kita lihat , sejauh mana kendaraan serba guna , yang dapat memenuhi kebutuhan kendaraan bagi keluarga dan anak muda ini dapat merebut pasar yang banyak pilihan di kelas 2000 cc ini ...