Bus Pointer by: balog
Sabtu, 29 Juni 2013
Sabtu, 25 Mei 2013
Panen raya karoseri bus di mulai
image by: balog
Seperti ritual setiap tahun menjelang lebaran, order karoseri
bus mengalir deras. Tinggal pengusaha karoseri yang harus pintar-pintar
mengatur tenaga dan sumberdaya untuk menyambut panen raya kali ini.
Beberapa perusahaan karoseri telah tidak menerima pesanan
sampai lebaran yang akan datang. Kapasitas telah penuh.
Pasar bus angkutan dan bus pariwisata , masih terbuka lebar..
Banyak perusahaan baru muncul dan bersaing bebas dengan perusahaan bus yang
telah mapan , tinggal pengusaha yang sabar dan berhati-hati dapat menjalankan
usaha angkutan bus dengan berhasil yang penuh risiko ini. Semua ini membuat
perusahaan karoseri bus mendapat order yang lumayan dari para pelanggan
tetapnya.
Beberapa perusahaan bus mulai lagi dengan membangun sendiri
bus nya untuk memenuhi permintaan akan bus angkutan yang terus meningkat yang
tidak dapat diikuti kapasitas dari industry karoseri bus.
Beberapa kendala cashflow telah melanda beberapa karoseri,
sehingga kapasitas terpasang justru terkendala dari lemahnya arus cash tersebut
sehingga kesempatan panen kali menjadi terasa lebih berat untuk menyelesaikan
begitu banyak pesanan yang harus selesai
tepat waktu.
Kamis, 09 Mei 2013
Kapasitas produksi karoseri bus terkendala menjelang panen raya Lebaran
image by: balog
Kapasitas produksi bus
besar di perkirakan tidak mampu menyerap permintaan produksi bus besar pada musim lebaran
kali ini. Banyaknya masalah internal dan eksternal yang cukup berat yang
terjadi di kalangan Industri bus besar serta beban investasi serta penagihan piutang
kurang lancar , kenaikan biaya tetap berupah upah buru/karyawan serta
kenaikan biaya listrik dan bahan bakar mengakibatkan terkendalanya kapasitas produksi di pabrik karoseri bus.
Berkurangnya kapasitas ini , akan menimbulkan dampak bagi
operasi operator bus yang tidak mungkin
akan mempengaruhi kelancaran transpotasi akbar mudik bersama pada saat
menjelang lebaran Tahun ini.
Diperlukan penanganan ekstra hati-hati untuk dapat melewati
situasi yang kurang menguntungkan ini , bagi pabrik karoseri bus yang terkendala masalah
tersebut.
Semoga ..semua ini hanya pemikiran saya yang salah..sehingga
industry karoseri bus siap dan dapat memenuhi pemesanan karoseri bus yang dapat
di perkirakan akan meningkat di musim lebaran ini.
Kamis, 25 April 2013
Murni jaya Po bus di lintasan berlobang Anyer cilegon
image by: balog
Bus berwarna cerah ini, setia mengantar penumpang menerjang
Jalan berlobang lintas pantai ayer cilegon dari poll nya di kota Labuhan ujung
barat pulau Jawa menuju Jakarta melalui jalan mulus toll Merak Jakarta.
Untuk menambah semangat persaingan, levery Murni jaya di perbaharui
dari waktu kewaktu , Bus –bus baru bermunculan dengan berbagai warna levery dan di dukung beberapa
karoseri yang handal seperti karoseri
Trisakti , Trijaya Union dan Inhouse karoseri dari pemilik PO.
Murnijaya.
Hanya dengan bus-bus yang di karoseri dengan baik
konsruksinya yang dapat lolos tanpa
mengalami patah rangka busnya di
lintasan berlobang Ayer cilegon sepanjang garis pantai tersebut. Hal ini dapat
terjadi karena Bus harus dilarikan pada kecepatan kencang dilintasan berlobang dengan penumpang penuh, yang mengakibatkan
benturan -benturan yang keras yang akan membuat patah atau lepas bagian
kontruksi landasan disekitar crosmember rangka body bus tersebut.
Karakter supir dan persaingan ketat sesame perusahan bus yang membawah dampak banyaknya laporan kerusakan pada bagian
landasan konstruksi body bus di lintasan ini, berbeda bila bus dibawah di daerah
berlubang di Sumatera , pada umumnya bus yang melintasi daerah berlubang disana
akan menjalankan bus nya secara hati-hati dengan kecepatan sedang , mengingat
jalan di sumatera relative lebih sempit pada daerah-daerah tertentu.
Minggu, 07 April 2013
Cara memandang penampilan / appearance hasil karoseri mini bus telah berubah
image by: balog
Persaingan produk mini bus berkembang cepat saat ini ,
menyusul masuknya merk-merk baru dalam perdagangan di segmen ini. Sebut saja
pendatang baru dari korea dan tidak mungkin menyusul produk dari China.
Konsumen telah terbiasa melihat penampilan produk berkwalitas hasil full
manufacture assyplant seperti mobil yang banyak beredar di Indonesia dengan
sebutan mini bus di stnk nya (Surat tanda nomor kendaraan ) seperti jenis Avansa , inova , levina , grandmax dan lain-lain.
Produk –produk tersebut
di atas dalam proses produksinya telah memakai bahan panel yang dicetak dengan
sistim stanping dies, sehingga semua kostur ,lekukan,ukuran dan penampilan part
body semua sama persis setiap mobilnya. Belum lagi proses produksi ban berjalan
yang dapat menghasilkan produk yang standard dalam kecepatan yang dapat terukur
tepat.
Menjadi delema saat satu produk mini bus di produksi oleh
karoseri..kebanyakan bahan panel di buat dengan proses bending ( tekuk) sehingga pada saat
proses pembuatan part pasti memerlukan tangan trampil untuk membuat panel
menjadi part body sebelum di rakit. Hasil standard dan kecepatan produksi sangat di pengaruhi ketrampilan operator,
seperti proses putty , wed sanding dan top cote ( pengecatan ) body sangat
tergantung dari hasil kerja manual ,
mengingat produk karoseri dengan perakitan
panel dengan sistim Bending lebih banyak memakai bahan dempul dari pada
panel yg dihasilkan dengan proses stamping dies (cetak tekan).
Jadi tidak heran produk karoseri sekarang kurang di minati
oleh konsumen di kota-kota besar , hal ini di sebabkan oleh cara melihat produk karoseri telah
berubah , konsumen melihat produk yang di hasilkan harus tidak kalah dalam
penampilan nya (appearance )
Satu-satunya produk karoseri yang masih bertahan dengan produk hampir menyamai
kwalitas penampilan yang disebutkan di atas adalah Mini bus star wagon L300 ,
produk resmi Mitsubishi , yang sekarang di rakit dengan cara semi manufacture di
line produksi karoseri Trijaya union di Bitung.
Dengan kwalitas produk Starwagon Mitsubishi L300 yang demikan , Varian L300 mini bus ini bertahan
dan tetap melayani permintaan konsumen di seluruh pelosok Indonesia.
Sabtu, 16 Februari 2013
Perusahaan karoseri bus menghadapi tantangan berat di tahun 2013
image by: balog
Berbagai kendala
sedang mempengaruhi jalan nya usaha karoseri di awal tahun 2013 seperti issue sebagai berikut ;
1 . Demo buruh menuntut kenaikan upah
2. Berkurangnya pasokan gas Co untuk produksi
3. Naiknya beberapa bahan baku karoseri
4. Terlambatnya pasokan pipa besi dll.
5. Situasi tidak menentu menjelang Pemilu tahun 2014
Isue-issue diatas menjadi tantangan terberat bagi pimpinan
untuk menjalankan usaha padat karya sekaligus padat modal ini. Tidak mudah untuk menerapkan
strategi apa bagi perusahaan karoseri untuk bertahan hidup dalam persaingan
yang berat ini,
Beberapa karoseri bus yang di bangun dengan modal kecil sudah
gulung tikar, ada juga karoseri besar di Jawa barat merombak manajemen dan
memberhentikan karyawannya secara besar-besaran guna menghadapi tantangan ini.
Beberapa alternative harus di ambil dalam menjalankan usaha
karoseri ini menurut pandangan saya yang dangkal ini seperti berikut ;
1. Konsilidasi kedalam untuk member kesadaran bagi karyawan
untuk tidak menuntut upah melebihi kemampuan
perusahaan.
2. Mengurangi stok bahan baku yang tidak perlu.
3. Berhemat pemakaian bahan baku setidaknya 10 persen.
4. Bekerjasama dengan pemasok untuk bersama menghadapi
persoalan diatas sekaligus menyamakan pandangan dan saling mendukung untuk
mendapatkan saling percaya.
5. Bekerjasama dengan konsumen dan menegosasikan kondisi
produksi untuk mencapai tujuan dan keuntungan bersama.
6. kepada karyawan di beri pengertian agar lebih giat berpikir
, bekerja dan menjalankan produksi dan
bekerja efisien dan hemat dalam segala bidang.
7. Tetap bersemangat menghadapi tantangan di tahun politik
ini, yang tentunya akan banyak gejolak yang ujungnya kenaikan bahan pokok
produksi karoseri bus secara signifikan.
Mari kita dengan cepat mengantisipasi menghadapi tantangan
yang cukup berat ini, Namun tidak ada hal persoalan dan tantangan yang tidak
dapat di lalui bila kita bekerja sama, terbuka, jujur dan saling percaya.
Minggu, 03 Februari 2013
Sabah bergolak oleh pendudukan tentara royalis Sultan Sulu
image from wikipedia
Sabah kembali membuat berita menyusul upaya ahli waris sultan di raja Sulu mengirim tentara dan rakyat bersenjata , datang menduduki Lahad datu Negara bagian Sabah di utara borneo. Dengan menggunakan perahu ratusan sukarelawan tentara kesultan Sulu , datang dan menduduki yang menurut mereka tanah air kesultan sulu yang telah di anektasi oleh kerajaan Malaysia melalui penyerahan kekuasaan oleh pemerintah Inggris , menyusul kemerdekaan kerajaan Malaysia pada tahun 1963.
Sabah akan terus bergolak entah sampai kapan, mengingat
klaim dari kesultan sulu akan terus berlaku, mengingat kerajaan Malaysia secara
resmi membayar uang penyerahan sekitar 5000 ringgit setiap tahun kepada pihak
ahli waris kesultan sulu yang rakyatnya telah menjadi warga Negara Filiphina.
Kabarnya , pemerintah Filiphina juga telah menyerahkan
sengketa perbatasan ini kepada pengadilan International di denhag Belanda.
Semoga krisis Lahad datu di Sabah ini cepat berakhir dengan
tidak mengorbankan banyak nyawa, mengingat tentara kesultan Sulu telah bertekad
bertempur sampai mati di Sabah.
Selasa, 15 Januari 2013
Perjalana ke kota Milan Italia dengan transpotasi efisien
bus listrik fedder Metro kota Milan Italia
image by: balog
Tidak dinyana, saya masih di beri kesempatan oleh Tuhan yang
maha esa dapat berkunjung ke kota Milan Italia. Berangkat dari Bandara sukarno
hatta Jam 00.25 dini hari menumpang pesawat
A380 airbus Quatar airline kami menuju kota Milan Italia , setelah
terbang sekitar 9 Jam pesawat stop over transit di airport sibuk kota Doha di
negeri Quatar di timur tengah, setelah mengisi bahan bakar dan menambah
penumpang, pesawat melanjutkan
penerbangannya ke kota Milan yang memakan waktu sekitar 5 Jam lagi dan mendarat
di airport international MPX Malpensa kota Milan di Italia. Pilihan Quatar
airline karena tiket pesawat penerbangan inilah yang termurah saat ini.
Sesampai di airport Malpensa kita dapat memilih pengangkutan
ke kota yang berjarak kurang lebih 50 km
kepusat kota dengan taxi, bus atau tram yang disebut Malpensa express.
Yang terakhir ini yang kami pilih karena yang paling pasti dan termurah hanya
10 euro sekali jalan menuju centralstasion di kota Milan. Informasi yang saya dapat bila naik taxi sekitar 80
sampai 100 euro.
Bersamaan dengan membantu anak menyelesaikan admisnistrasi
sekolah , tempat pemondokan dan izin tinggal serta perbankan, yang berjalan
lancar, karena semua tempat tujuan telah di terangkan oleh pihak sekolah dan di
beri peta cukup lengkap, kita tinggal mengikuti petunjuk nya.
Dalam kesibukan membantu anak inilah saya sangat
menikmati dan merasakan bagaimana
gampangnya transpotasi kota Milan di laksanakan. Di kota ini ada tram , bus ,
dan train di dalam tanah yang di sebut Metro.
Terdapat tiga jalur Metro di kota Milan , Jalur hijau ,
jalur merah dan jalur kuning , di bawah
tanah dan kereta api untuk jarak jauh seperti malpensa expres dan kereta atm
yang menghubungi kota-kota besar di Italia bahkan ke kota-kota besar di europa.
Untuk memancing dan mensuport angkutan Metro, kota Milan didukung juga dengan bus ,tram serta bus listrik yang mempunyai jalur khusus berbarengan dengan jalan kendaraan umum lainnya. Namun demikian efisiennya angkutan ini, hingga saya hampir tidak melihat ada tempat yang terjadi kemacetan.
Untuk memancing dan mensuport angkutan Metro, kota Milan didukung juga dengan bus ,tram serta bus listrik yang mempunyai jalur khusus berbarengan dengan jalan kendaraan umum lainnya. Namun demikian efisiennya angkutan ini, hingga saya hampir tidak melihat ada tempat yang terjadi kemacetan.
Selasa, 09 Oktober 2012
L300 Mini bus legendaris otomotif Indonesia
Sejak diluncurkannya untuk pertama kali di tahun
1981 , 31 tahun silam, penampilan Mitsubishi L 300 tidak banyak berubah, hanya
beberapa perubahan pada grill dan mesin yang terus berlangsung hingga saat ini. Mitsubishi Krama Yudha tiga
berlian motor , yang menjadi distributor
dan produsen terus akan mempertahankan varian produk ini sampai beberapa
tahun kedepan.
Kehandalan,kenyamanan dan keamanan kendaraan L
300 ini telah terbukti , kemudahan perawatan, suku cadang terdapat di
mana-mana,harga yang terjangkau serta mutu produk yang kuat tahan lama
menjadikan produk L300 Mini bus ini masih di lirik dan di minati. Belum ada varian mini bus di Indonesia yang dapat bertahan sekian lama, sehinga varian L300 mini bus Starwagon ini dapat disebut L300 Legendaris
imade by: balog
Mini Bus L300 mini bus , Awalnya di karoseri banyak perusahaan karoseri di seluruh pulau Jawa, sehingga mutu dan keamanan nyapun tidak standard. Untuk mempertahankan mutu , standard dan
nama besar Mitsubishi yang terkenal memproduksi kendaraan dengan mutu dan
safety yang tinggi , maka Krama yudha tiga brlian motor ( KTB) juga
meluncurkan varian Minibus L300 starwagon legendaris yang saat itu di produksi di kota Cirebon dan kota Tambun/Krawang. Produk ini di buat dengan sistim
press body dan pemasangannya bodynya dengan sistim perakitan , memakai sistim
pengelasan Spotwelding serta pretreatment Phospating untuk mencegah karat untuk
dasar pengecatan body yang baik.
Jumat, 21 September 2012
Jakarta mendapat pemimpin baru
Pemilihan umum putaran ke dua telah sukses memilih Gubernur yang baru, dengan antusias rakyat Jakarta sejak pagi telah mendatangi Tempat pemungutan suara( TPS). Berbagai isu miring di media dunia maya , tidak mengoyakan persatuan dan kematangan demokrasi rakyat Jakarta, yang dengan sadar memilih calon Gubernur Jakarta dengan tertip , bebas dan rahasia.
Sekarang sudah dapat dipastikan pemenang dari pemilihan tersebut. Jauh hari sebelum pemilihan , telah banyak kalang yang menyatakan pasangan Jokowi-Basuki akan menang dalam pilkada kali ini, baik dari pasar , tempat kerja,di atas taxi dan disekitar kita , hampir semua menyatakan dukungan kepada Joko Widodo dan Basuki tjahaya Purnama untuk dapat menjadi pasangan Gubernur DKI yang baru.
image from blogger
Dengan selogan Jakarta baru, kedua pasangan memakai baju kotak-kotak telah menadi icon dan daya tarik bagi rakyat Jakarta yang ingin melihat Jakarta yang baru, mengingini pemimpin yang dapat memberikan rasa aman, sejahtera dan bebas dari keruwetan Jakarta yang padat ini , serta dapat mengelola birokrasi Jakarta bebas dari korupsi dan menjadikan pegawai pemerintah DKI sebagai pelayan bagi rakyat Jakarta/
selamat bagi pak Jokowi dan Ahok , semoga sukses dan mendapat mempersatukan rakyat Jakarta untuk mengurangi , kemacetan, Banjir dan menertipkan Jakarta sebagai pintu gerbang bangsa Indonesia dimata International...semoga
Sabtu, 18 Agustus 2012
Dirgahayu republik Indonesia 2012
Dengan semangat kemerdekaan Indonesia tahun 1945, kita galang budaya anti korupsi dan semangat untuk membangun manusia Indonesia yang bermartabat , toleran , kerja keras, bela negara, anti kekerasan dan peduli dengan sesama manusia.
SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI
bila ada salah kata salah tulis yang tidak disengaja mohon maaf lahir dan bathin dari pribadi saya sebagai admin yang tidak luput dari kehilafan dan keterbatasan
Rabu, 15 Agustus 2012
Kesempatan membangun usaha Bus pariwisata terbuka lebar
bus pariwisata
Dengan
pertumbuhan pendapatan kelas menengah dan para pekerja yang meningkat, serta
keamanan dalam negeri yang cukup baik..ditambah kurang stabilnya keamanan
daerah Timur tengah serta berkembangnya objek –objek wisata di asia , khusus
nya asia tenggara..Banyak pelancong datang ke Indonesia.
Sepanjang
tahun pariwisata domestic bergeliat dan banyak memakai bus pariwisata,
menyaingi pemakaian bus pariwisata pelancong manca Negara. Bus bus besar juga
banyak di pakai untuk memenuhi keperluan seperti hari liburan anak sekolah,
musim haji,gathering karyawan pabrik, berdarmawisata bersama lingkungan rukun
tetangga (RT) sampai puncaknya mudik bareng atau pulang kampung bersama gratis
yang di selenggarakan oleh corperate sebagai bentuk corperate social
responsibility (CSR) serta mudik lebaran serentak oleh perantau di seluruh
Indonesia.
Dengan
pertumbuhan yang cukup bagus dan di perkirakan akan terus meningkat di
tahun-tahun mendatang, inilah saat yang sangat tepat untuk membangun usaha Bus
pariwisata..
Lihat saja
corporate besar , tidak tanggung tanggung membeli ratusan chassis bus untuk di
bangun di karoseri bus , guna menambah armadanya dengan cepat , di ikuti
peluang usaha bus yang menjanjikan…
Kamis, 19 Juli 2012
Usaha karoseri bus penuh resiko
image by: balog
Usaha
karoseri bus memasuki masa sulit mendapatkan tenaga kerja terampil untuk
mempertahankan usaha dengan risiko yang cukup tinggi ini. Peremajaan pekerja
terampil sangat memakan waktu, tidak banyak pribadi karyawan harian ini yang
ingin maju dengan penghasilan yang
baik,mereka sudah cukup puas dengan hasil yang mereka raih hari demi
hari, tidak lagi memikirkan untuk
menginvestasikan tenaga-tenaga muda untuk mengembangkan usaha kelompok atau
group untuk mendapat meningkatkan kapasitas kerja yang dengan sendirinya akan meningkatkan
penghasilan kelompok kerja tersebut.
Budaya
cepat puas ,tidak ingin mengajarkan ilmu kepada orang lain, tidak turut memikirkan
kemajuan tempat usaha tempat mereka bekerja, Tidak ingin belajar teknologie
baru bidang karoseri bus, terus menerus mempertahankan proses kerja yang lama,
tidak ingin berubah, semua ini membuat usaha karoseri bus sangat tergantung
kepada tenaga-tenaga yang mulai menurun produksivitas dari tahun ke tahun.
Kamis, 12 Juli 2012
Outlander sport suv by: Mitsubishi
Akhirnya awal bulan Juli tahun 2012 ini menjadi tonggak penting kebangunan Industri otomotif, khusus nya untuk Mitsubishi Motor di Indonesia, Outlander spot mobil Suv premium ini di produksi di Indonesia untuk pertama kali di luar Jepang .
image by: balog
Dengan Mesin 2000 cc , adik Pajero spot ini , di perkirakan akan disambut baik di pasar mengingat harga yang sangat kopetitif sekitar 285 juta sampai 325 juta rupiah.
Mari kita lihat , sejauh mana kendaraan serba guna , yang dapat memenuhi kebutuhan kendaraan bagi keluarga dan anak muda ini dapat merebut pasar yang banyak pilihan di kelas 2000 cc ini ...
Langganan:
Postingan (Atom)