Sabtu, 16 Februari 2013

Perusahaan karoseri bus menghadapi tantangan berat di tahun 2013



image by: balog

Berbagai  kendala sedang  mempengaruhi  jalan nya usaha karoseri di awal tahun 2013 seperti  issue sebagai berikut ;
1 . Demo buruh menuntut kenaikan upah
2. Berkurangnya pasokan gas Co untuk produksi
3. Naiknya beberapa bahan baku karoseri
4. Terlambatnya pasokan pipa besi dll.
5. Situasi tidak menentu menjelang Pemilu tahun 2014
Isue-issue diatas menjadi tantangan terberat bagi pimpinan untuk menjalankan usaha padat karya sekaligus  padat modal ini. Tidak mudah  untuk menerapkan strategi apa bagi perusahaan karoseri untuk bertahan hidup dalam persaingan yang berat ini,
Beberapa karoseri bus yang di bangun dengan modal kecil sudah gulung tikar, ada juga karoseri besar di Jawa barat merombak manajemen dan memberhentikan karyawannya secara besar-besaran guna menghadapi tantangan ini.
Beberapa alternative harus di ambil dalam menjalankan usaha karoseri ini menurut pandangan saya yang dangkal ini seperti berikut ;
1. Konsilidasi kedalam untuk member kesadaran bagi karyawan untuk tidak menuntut upah melebihi       kemampuan perusahaan.
2. Mengurangi stok bahan baku yang tidak perlu.
3. Berhemat pemakaian bahan baku setidaknya 10 persen.
4. Bekerjasama dengan pemasok untuk bersama menghadapi persoalan diatas sekaligus menyamakan pandangan dan saling mendukung untuk mendapatkan saling percaya.
5. Bekerjasama dengan konsumen dan menegosasikan kondisi produksi untuk mencapai tujuan dan keuntungan bersama.
6. kepada karyawan di beri pengertian agar lebih giat berpikir  , bekerja  dan menjalankan produksi dan bekerja efisien dan hemat dalam segala bidang.
7.  Tetap bersemangat menghadapi tantangan di tahun politik ini, yang tentunya akan banyak gejolak yang ujungnya kenaikan bahan pokok produksi karoseri bus secara signifikan.
Mari kita dengan cepat mengantisipasi menghadapi tantangan yang cukup berat ini, Namun tidak ada hal persoalan dan tantangan yang tidak dapat di lalui bila kita bekerja sama, terbuka, jujur dan saling percaya.


karoseri & perakitan merdeka, selalu melayani, terus bersemangat, hingga kita sampai baka..... by: balog karoseri bus indonesia

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan tulis komentar anda di kotak ini,komentar anda dapat mencerahkan bagi kita semua, terima kasih, tetap semangat dan selalu berbagi.