Rabu, 08 Desember 2010

karoseri bus besar di Indonesia

image by : agus triun/canon a470 power shot

Bus besar baru banyak berkeliaran di jakarta pada tahun 67 an, kita masih ingat ada bus yang di buat dari Chassis truck merk  Dogde , Ford dan chevrolet dari amerika, pada saat itu bus masih di rakit sesuai gambar dari pabrik negara asalnya di amerika, ada juga yang di import dari eropa timur dalam bentuk utuh (cbu) yang pernah kita kenal dengan bus robur.


sekarang bus-bus malam jarak jauh kita telah di karoseri di dalam negeri. Berbagai merk telah ada di indonesia, seperti mercedes benz, mitsubishi, hino, nissan, scania, volvo, dongfeng , toyota dan lai-lain.

Sekarang dengan persaingan angkutan darat yang begitu ketat, sudah jarang bus tersebut di buat dari Chassis truck , sekarang bus harus dibuat khusus chassisnya untuk keperluan mengangkut penumpang, sehingga sistim suspensi nya lebih empuk dan nyaman di tumpangi.

Berbagai pabrik karoseri berlomba membuat design body bus dan merekayasa konstruksi bus sehingga sesuai dengan permintaan pasar.

Keterampilan tukang-tukang yang merakit bus ini harus di  tandai  jempol, model apapun bila ada gambarnya pasti dapat dibuat oleh tangan-tangan terampilnya.

Dengan pasokan accessories yang di datangkan dari negeri china, maka model modren ala europa berseliweran di jalan-jalan raya di Indonesia.

Pabrik karoseri bertebaran di kota-kota besar di jawa, seperti kota malang ,Surabaya, Magelang,semarang,Bogor , tangerang dan tidak ketinggalan di kota medan. Sebut saja karoseri bus besar yang masih berproduksi antara lain: adi putro, morodadi, new armada,laksana, trisakti, restuibu, rahayu sentosa, trijaya union dan cipta karya.

Dengan pengalaman lebih dari 30 tahun , karoseri besar ini berlomba membuat bus besar dengan kostruksi dan exterior serta interior kelas dunia.


Mari kita tunggu model-model baru tahun 2010 yang akan merebak khasana bumi Indonesia.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan tulis komentar anda di kotak ini,komentar anda dapat mencerahkan bagi kita semua, terima kasih, tetap semangat dan selalu berbagi.