Sabtu, 25 Februari 2012

Kenaikan harga karoseri bus tidak terelakan

image by: balog


Potensi angkutan darat yang  sedang di uji , banyaknya kecelakaan pada sektor angkutan darat terutama bus besar,dan  pengetatan pengawasan dari pihak pemerintah serta di bayangi kenaikan harga yang berkaitan langsung harga BBm , tinggi nya harga chassis dan spare part bus tersebut, kenaikan  biaya karyawan akan menghimpit  dan menambah beban pengusaha bus saat ini.
Keadaan ini akan menurunkan permintaan pasar atas karoseri serta akan menekan harga karoseri sepanjang tahun mendatang, di harapkan pertumbuhan ekonomi dan peningkatan pemakaian bus pariwisata , tumbuhnya permintaan angkutan di daerah luar jawa , akan menahan laju turunnya permintaan pasar karoseri tahun ini.
Namun di pihak perusahaan karoseri , tidak dapat lagi menahan kenaikan harga yang dirasakan saat ini, karena beberapa factor dominan yang mempunyai efek berantai seperti kenaikan signifikan upah buruh serta rencana pemerintah menaikan harga BBM, jadi kenaikan harga karoseri mulai merambah bulan –bulan ini.
Semua karoseri sudah pasti menghitung ulang biaya yang membebani perusahaan nya masing-masing, bukan tidak mungkin kenaikan harga karoseri saat ini akan signifikan untuk menunjang kelangsungan hidup usaha yang sangat sulit ini.
Lihat saja baru- baru ini perusahaan karoseri terkemuka telah menaikan harga lebih dari 20 % harga nya untuk menjawab semua tantangan ini..
Di harapkan kenaikan ini tidak menjadi beban lebih berat  lagi bagi pengusaha bus, namun bila tidak menaikan harga karoseri, tentunya pihak karoseri yang menjadi  the last resource untuk membantu pengusaha bus akan mendapat kesulitan bahkan bukan tidak mungkin gulung tikar..

Rabu, 15 Februari 2012

Kecelakaan Bus Hubungannya Faktor–faktor Penyebab Kecelaakan Bus


OPINI | 11 February 2012 | 12:3143  Nihil


Apa yang menyebabkan terjadinya suatu kecelakaan bus, yang akhir-akhir ini marak terjadi dan merengut banyak jiwa sehingga menjadi berita nasional,. Banyak factor dapat mempengaruhi bakal terjadinya kecelakaan bus dari perawatan ,situasi jalan raya, pengemudi yang kurang bertanggung jawab , kurang layaknya bus beroperasi sampai  tabiat atau karakter yang terbentuk oleh situasi sekeliling bus itu sendiri.
Usaha transpotasi darat seperti bus antar kota antar propinsi (AKAP) belakangan ini kurang menguntungkan, akibat mendapat saingan keras dari moda angkutan udara pesawat terbang.Untuk mempertahankan usaha angkutan bus ini , pengusaha bus atau perusahaan oto bus memutar otak dengan keras untuk dapat bertahan. Berbagai kiat telah di pakai untuk bertahan.. dari mendapatkan pinjaman lunak jangka panjang dari berbagai kalangan, mengurangi  ongkos perawatan , memakai  spare part kanibal dan tidak orisinil , operation bus di borongkan kepada sekelopok supir  ,sampai  memuat berat  barang kiriman yang lebih banyak dari berat penumpang yang di angkut. Yang lebih para lagi pengaruh lingkungan pemakai jasa bus ini , ada trayek tertentu bila PO. Bus yang supirnya tidak dapat melarikan busnya bagai meteor, di tinggalkan penumpangnya.
Di tambah lagi pengembalian yang kurang baik dari investasi  di sector ini, maka banyak ekses yang bakal membuat penyebab kurang layak dan laiknya sebuah bus dalam beroperasi.
Jadi tidak banyak pengusaha swasta yang bergerak di bidang angkutan penumpang ini dapat berkembang dengan baik, apa lagi pengusahaan yang mengandalkan pendapatan 100 persen dari usaha angkutan penumpang saja.
Jadi tidak heran kita mendengar  kecelakaan , selain akibat kecerobohan pengemudi dan jalan yang tidak layak , justru banyak karena kendaraan bus yang tidak layak , seperti rem blong, terbakar , terguling dan lain-lain.

image by: balog
karoseri & perakitan merdeka, selalu melayani, terus bersemangat, hingga kita sampai baka..... by: balog karoseri bus indonesia

Minggu, 12 Februari 2012

Karoseri favorit opertor bus antar kota antar propinsi


Operator angkutan antar kota antar propinsi bersaing , untuk menghadapi pesaingan dengan moda angkutan udara dan  dengan  operator bus lain nya , Untuk memanjakan pemakai setia bus antar kota, operator tidak segan untuk menanamkan modal nya lebih besar lagi untuk meremajakan bus - bus nya .Pilihan utama operator bus untuk karoseri kali ini pada karoseri adi putro, sesuai permintaan konsumen yang lebih cendrung memilih bus karoseri tertentu untuk tumpangannya , selain tahu pembuatan bus itu sendiri.
Konsumen pemakai bus antar kota antar propinsi , sudah begitu paham dan tidak mau lagi memakai bus yang tidak jelas kondisi baik karoseri bus dan chassis bus tersebut. Jadi , strategi operator bus tidak lain adalah memenuhi permintaan pasar yang selektif.


Kamis, 02 Februari 2012

Interior bus karoseri

image by: balog

Berbagai jenis bus dapat di produksi di karoseri  seperti bus pariwisata, bus karyawan dan bus antar kota antar propinsi (AKAP). Kadang kala yang membedakan jenis-jenis itu terletak dari model , jenis dan bahan yang dipakai untuk mendesign Interior.
Bus –bus berkwalitas dan menjadi favorit penumpang dan operator tentu tidak lepas dari bagus dan serasi interior dalam sebuah bus.
Sekarang lagi gencar dan maraknya penerangan interior memakai lampu jenis LeD , untuk dekorasi dalam interior bus menyesuaikan deng an model plafont rak dalam dan ducting AC yang di pasang.
Tidak sedikit karoseri telah memasang interior import standart pabrikan industry manufacture dari China, hal ini  untuk menekan ongkos di banding dengan  pembuatan interior kreasi  anak bangsa sendiri, yang sangat tergantung dari design profile aluminium khusus yang di design khusus untuk rak tersebut, sehinga harga  rak dalam negeri sangat tergantung dari harga aluminum profile tersebut  yang tidak banyak beredar dipasar. Sudah dapat di bayangkan rak tersebut sangat  mahal harganya  , sehinga sedikit banyak sangat mempengaruhi harga jual bus karoseri.