Kamis, 25 April 2013

Murni jaya Po bus di lintasan berlobang Anyer cilegon

image by: balog
  
Bus berwarna cerah ini, setia mengantar penumpang menerjang Jalan berlobang lintas pantai ayer cilegon dari poll nya di kota Labuhan ujung barat pulau Jawa menuju Jakarta melalui jalan mulus toll Merak Jakarta.
Untuk menambah semangat  persaingan, levery Murni jaya di perbaharui dari waktu kewaktu , Bus –bus baru bermunculan dengan  berbagai warna levery dan di dukung beberapa karoseri yang handal  seperti  karoseri  Trisakti , Trijaya Union dan Inhouse karoseri dari pemilik PO. Murnijaya.
Hanya dengan bus-bus yang di karoseri dengan baik konsruksinya yang dapat  lolos tanpa mengalami patah rangka busnya  di lintasan berlobang Ayer cilegon sepanjang garis pantai tersebut. Hal ini dapat terjadi karena Bus harus dilarikan pada kecepatan kencang dilintasan berlobang  dengan penumpang penuh, yang mengakibatkan benturan -benturan yang keras yang akan membuat patah atau lepas bagian kontruksi landasan disekitar crosmember rangka body bus tersebut.
Karakter supir dan persaingan ketat sesame perusahan bus  yang membawah dampak  banyaknya laporan kerusakan pada bagian landasan konstruksi body bus di lintasan ini, berbeda bila bus dibawah di daerah berlubang di Sumatera , pada umumnya bus yang melintasi daerah berlubang disana akan menjalankan bus nya secara hati-hati dengan kecepatan sedang , mengingat jalan di sumatera relative lebih sempit pada daerah-daerah tertentu.

Minggu, 07 April 2013

Cara memandang penampilan / appearance hasil karoseri mini bus telah berubah


image by: balog

Persaingan produk mini bus berkembang cepat saat ini , menyusul masuknya merk-merk baru dalam perdagangan di segmen ini. Sebut saja pendatang baru dari korea dan tidak mungkin menyusul produk dari China. Konsumen telah terbiasa melihat penampilan produk berkwalitas hasil full manufacture assyplant seperti mobil yang banyak beredar di Indonesia dengan sebutan mini bus di stnk nya (Surat tanda nomor kendaraan ) seperti jenis  Avansa , inova , levina , grandmax  dan lain-lain.
 Produk –produk tersebut di atas dalam proses produksinya telah memakai bahan panel yang dicetak dengan sistim stanping dies, sehingga semua kostur ,lekukan,ukuran dan penampilan part body semua sama persis setiap mobilnya. Belum lagi proses produksi ban berjalan yang dapat menghasilkan produk yang standard dalam kecepatan yang dapat terukur tepat.
Menjadi delema saat satu produk mini bus di produksi oleh karoseri..kebanyakan bahan panel di buat dengan  proses bending ( tekuk) sehingga pada saat proses pembuatan part pasti memerlukan tangan trampil untuk membuat panel menjadi part body sebelum di rakit. Hasil standard dan kecepatan produksi  sangat di pengaruhi ketrampilan operator, seperti proses putty , wed sanding dan top cote ( pengecatan ) body sangat tergantung dari hasil  kerja manual , mengingat produk karoseri dengan perakitan  panel dengan sistim Bending lebih banyak memakai bahan dempul dari pada panel yg dihasilkan dengan proses stamping dies (cetak tekan).
Jadi tidak heran produk karoseri sekarang kurang di minati oleh konsumen di kota-kota besar , hal ini di sebabkan  oleh cara melihat produk karoseri telah berubah , konsumen melihat produk yang di hasilkan harus tidak kalah dalam penampilan nya (appearance )
Satu-satunya produk karoseri  yang masih bertahan dengan produk hampir menyamai kwalitas penampilan yang disebutkan di atas adalah Mini bus star wagon L300 , produk resmi Mitsubishi , yang sekarang di rakit dengan cara semi manufacture di line produksi karoseri Trijaya union di Bitung.
Dengan kwalitas  produk  Starwagon  Mitsubishi L300 yang demikan , Varian L300 mini bus ini bertahan dan tetap melayani permintaan konsumen di seluruh pelosok Indonesia.