Selasa, 15 Januari 2013

Perjalana ke kota Milan Italia dengan transpotasi efisien


bus listrik fedder Metro kota Milan Italia
image by: balog

Tidak dinyana, saya masih di beri kesempatan oleh Tuhan yang maha esa dapat berkunjung ke kota Milan Italia. Berangkat dari Bandara sukarno hatta Jam 00.25 dini hari menumpang pesawat  A380 airbus Quatar airline kami menuju kota Milan Italia , setelah terbang sekitar 9 Jam pesawat stop over transit di airport sibuk kota Doha di negeri Quatar di timur tengah, setelah mengisi bahan bakar dan menambah penumpang,  pesawat melanjutkan penerbangannya ke kota Milan yang memakan waktu sekitar 5 Jam lagi dan mendarat di airport international MPX Malpensa kota Milan di Italia. Pilihan Quatar airline karena tiket pesawat penerbangan inilah yang termurah saat ini.
Sesampai di airport Malpensa kita dapat memilih pengangkutan ke kota yang berjarak kurang lebih 50 km  kepusat kota dengan taxi, bus atau tram yang disebut Malpensa express. Yang terakhir ini yang kami pilih karena yang paling pasti dan termurah hanya 10 euro sekali  jalan menuju centralstasion di kota Milan. Informasi yang saya dapat bila naik taxi sekitar 80 sampai 100 euro.
Bersamaan dengan membantu anak menyelesaikan admisnistrasi sekolah , tempat pemondokan dan izin tinggal serta perbankan, yang berjalan lancar, karena semua tempat tujuan telah di terangkan oleh pihak sekolah dan di beri peta cukup lengkap, kita tinggal mengikuti petunjuk nya.
Dalam kesibukan membantu anak inilah saya sangat menikmati  dan merasakan bagaimana gampangnya transpotasi kota Milan di laksanakan. Di kota ini ada tram , bus , dan train di dalam tanah yang di sebut Metro.
Terdapat tiga jalur Metro di kota Milan , Jalur hijau , jalur merah dan jalur kuning  , di bawah tanah dan kereta api untuk jarak jauh seperti malpensa expres dan kereta atm yang menghubungi kota-kota besar di Italia bahkan ke kota-kota besar di europa.
 Untuk memancing dan mensuport angkutan Metro, kota Milan didukung juga dengan bus ,tram serta bus listrik yang mempunyai jalur khusus berbarengan dengan jalan kendaraan umum lainnya. Namun demikian efisiennya angkutan ini, hingga saya hampir tidak melihat ada tempat yang terjadi kemacetan.

Seperti  di Singapore, karcis Metro dapat di beli di toko toko majalah disekitar stasion dan mesin tiket  yang tersedia di depan pintu masuk jalur kereta bawah tanah ini. Kita bisa memilih sekali jalan atau bulanan bahkan untuk 10 kali jalan..banyak pilihan dengan harga yang  diskon untuk pembelian yang berdurasi lebih lama seperti bulanan dan 10 kali jalan yang terkoneksi dengan angkutan kota seperti bus ,tram dan bus gandeng listrik yang disebut kartu ATM.Perjalan memakai Metro ini tidak berbeda dengan subway
 ( MRT) seperti di Kuala Lumpur maupun di Singapore, yang berbeda adalah pada saat kita memakai tram dan bus di atas tanah. Dalam pengamatan saya, hampir semua penumpang bus atau tram kurang disiplin memasukkan karcis ATM ketempat box pembaca  yang telah disediakan , kemungkinan penumpang tidak membayar sangat mungkin , karena penumpang naik dari halte yang satu dan turun dihalte yang lain tanpa di periksa . Mungkin ini salah satu subsidi pemerintah bagi rakyat Milan dalam situasi krisis , jadi rakyat tidak di tuntut macam-macam.
Di setiap stasion dan halte tertera dengan jelas tujuan dan koneksi yang mungkin dalam trayek tersebut..jadi sangat mudah bagi saya untuk berpergian di seluruh pelosok kota Milan, namun  harus extra hati-hati terhadapap copet di kota-kota  eropah , mereka sangat terlatih dan dengan mudah
memperdayakan korbannya bila kita lengah..sayapun mengalaminya di satu station bawah tanah..hilang lah dompet baru ku..he he he.
Dari pengamatan saya, saya berani mengatakan transpotasi kota Milan lebih mudah dan efisien dari kota Singapore sekalipun..mudah sekali  ada tiga macam bus atas tanah..bus listrik vanholl..bus konfensional dan tram modern dan tram tradisional..semua terkoneksi dengan rapih saling dukung sebagai feeder metro tram bawah tanah.

karoseri & perakitan merdeka, selalu melayani, terus bersemangat, hingga kita sampai baka..... by: balog karoseri bus indonesia

2 komentar:

  1. Balasan
    1. satu ketika ,kita pasti sampai seperti kota milan dengan transpots yang efisien semoga ya

      Hapus

Silahkan tulis komentar anda di kotak ini,komentar anda dapat mencerahkan bagi kita semua, terima kasih, tetap semangat dan selalu berbagi.