Rabu, 02 November 2011

Karoseri Bus

The new varian Pointer
image by: balog

Karoseri  bus di Indonesia berkembang  jatuh bangun mengikuti trend pasar yang unik di Indonesia. Belum banyak Agen tunggal pemegang merk (ATPM) secara serius memproduksi bus merk nya sendiri , Pernah ada Distributor ATPM yng melakukan produksi bus seperti  Mitsubishi  bus di produksi oleh Trijaya union Manufacture (Triun) dan  Mercedes Benz bus  oleh German Motor Manufacturing (GMM) namun keduanya telah memberhentikan produksi , malah GMM tutup sama sekali line produksi Bus nya, bersyukur Triun masih beroperasi dalam pembuatan bus di Indonesia sampai saat ini.
 ATPM lebih senang melepas Chassis Bus nya langsung ke konsumen pemakai akhir. Akibatnya peran besar dan unik pemilik perusahan otobus sangat mempengaruhi cara pembuatan bus tersebut. Hal ini sangat mempengaruhi pilihan model dan jenis rangka , sekarang berkembang produksi bus di Indonesia dengan tiga cara:
1, Bus manufacturing.
2.Bus karoseri  berbasis manufacturing.
3. Bus karoseri tradisionil.
Dari ketiga cara ini, yang terbanyak perusahaan karoseri mengikuti cara yang kedua, untuk menekan ongkos dan dapat mengikuti dengan cepat tren model design bus  yang ada di pasar internasional.
Akibatnya jelas dari segi harga dan kwalitas sangat ber variasi , Cara-cara berproduksi demikian telah mempengaruhi cukup seknifikan dari segi harga dan kwalitas serta kekuatan bus itu sendiri.
Begitu banyak bus karoseri telah dilakukan sendiri oleh perusahaan otobus besar di Indonesia, sebut saja yang telah pernah berproduksi yang kami dengar:  Arimbi,  Maya sari Bakti, Hiba Utama, AKAS, dan banyak lagi perusahan bus di Jawa ini memproduksi bus nya sendiri, malah perusuhaan bus Tentrem sekarang berhasil mendirikan perusahaan umum Karoseri Bus yang terkenal  inovatif dalam medesign bus produksinya.
Jadi tidak heran bila kwalitas , design dan harga begitu tajam variasi nya , sehingga harga jual bus karoseri  tidak lagi menarik keuntungannya ,tidak  seperti masa jaya karoseri di tahun 90 an. Mungkin ini salah satu sebab mengapa Agen Tunggal Pemegang Merk seperti, Mercedes Benz, Hino, Nissan, Mitsubishi,  engan memproduksi sendiri bus merk nya.
Saat ini, perusahaan karoseri bus, bersaing dengan ketat, perlu pemikiran yang mendalam bila ada investor ingin masuk dan bermain dalam industri ini, sudah banyak karoseri yang jatuh bangun, mengingat risiko usaha karoseri ini sangat tinggi, bila pengusaha tidak hati-hati, tentu akan mengalami kerugian yang tidak sedikit.
karoseri & perakitan merdeka, selalu melayani, terus bersemangat, hingga kita sampai baka..... by: balog karoseri bus indonesiar

10 komentar:

  1. salam kenal... matur suwun mas info nya saya jadi tahu ternyata di negri ini banyak sekali yang kreatif dalam menciptakn ide yang berhubungan per-karoseri-an. MENCARI OBAT KUAT TERDAHSYAT 2010 INFO LENGKAP KLIK : http//cimsengshop.blogspot.com

    BalasHapus
  2. salam kenal... Bravo untuk Mas Helmi... Lanjtkan perjuangan mu Mas.... Ku doakan mudah-mudahan apa yang di cita-citakan mas helmi dan keluarga cepat terwujud. ISTRI ANDA INGIN TAMPIL CANTIK, SEXY, ANGGUN DAN MENAWAN INFO LENGKAP KLIK : http//chimsyengstore.blogspot.com

    BalasHapus
  3. Greetings ... I salute to Mas Helmi which give information about the world's Autobody hopefully what you aspire to quickly materialize. YOU WANT SUCCESS world and the hereafter COMPLETE INFO CLICK: http / / luxuryheaven.blogspot.com

    BalasHapus
  4. @chimsyengshop/store dan King maneey, terima kasih kunjungan dan komentarnya, semoga kita sukses dalam perjuangan kita mengisi hidup penuh warna ini.
    salam
    balog

    BalasHapus
  5. @king money , maaf salah ketik dengan demikian kesalahan sudah di ralat, terima kasih
    salam
    balog

    BalasHapus
  6. wah, sampai de di tahun baru imblek, tahun kelinci, selamat bagi yang merayakannya.

    BalasHapus
  7. hari pertama ku mengetik di blog ini, setelah seluruh kantung empeduku yang sakit akut berbatu banyak di angkat dokter muda berprestasi dokter pertama yang menjadi team transpalasi hati perdana di rumah sakit puri indah grup rs. pondok indah DR> Chang, terima kasih Tuhan, terima kasih DR. Chang
    aku bersyukur pada Tuhan Jesus,Injil Mazmur 23 pda Alkitap saya baca berulang ulang unruk memuji dan syukur saya.

    BalasHapus
  8. pointer , pointer bearti teguh pada tujuan.

    BalasHapus
  9. karoseri bus yang paling diminati oleh pengusaha bus belakang tentu karoseri 10 besar antara lain Adi putro , morodadi, New armada , Laksana , Trijaya union , Trisakti , Restu ibu , Rahayu sentosa ,Tentrem

    BalasHapus
  10. thanks..all kata kunci karoseri..melekat pada blog pribadi ini..semangat
    jakarta 30 mei 2012
    salam
    balog

    BalasHapus

Silahkan tulis komentar anda di kotak ini,komentar anda dapat mencerahkan bagi kita semua, terima kasih, tetap semangat dan selalu berbagi.