Kamis, 04 Juni 2009

GM salah satu pilar ekonomi dan icon America akhirnya runtuh

image by: libery logohoo


Setelah berdiri lebih 100 tahun sejak didirikan oleh bapak William C Durant, perusahan otomotif terbesar di dunia General Motor akhirnya menyerah dan menyatakan diri bangkrut. Begitu dasyat Tsunami ekonomi menerpa Amerika. Perusahaan sekaliber GM , kebanggaan, dambahan segenap warga pekerja Amerika, tersapu dan terpaksa mengajukan pernyataan kebangkrutan ( chapter 11 ) untuk menghindari tututan hukum dan mengharapkan suntikan dana sebagai penyertaan modal dari pemerintah .
Dengan suntikan dana 60% dari pemerintah, GM akan berubah menjadi perusahaan yang ramping, GM akan memangkas jumlah pekerjanya menjadi 21.000 orang, atau 34% dari total tenaga kerjanya. Ada anekdot yang beredar di masyarakat General motor berganti nama menjadi Government Motors / (kompas tgl 4 juni 2009)
Berakhilah era kejayaan kera biru, yang menikmati penghasilan yang tinggi di perusahaan GM, yang menjadi tujuan pencari kerja yang ingin cepat naik kelas status gaya hidupnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan tulis komentar anda di kotak ini,komentar anda dapat mencerahkan bagi kita semua, terima kasih, tetap semangat dan selalu berbagi.