Selasa, 09 Juni 2009

Emas bombana merusak lingkungan hidup di Sulawesi tengara

image by: balog



Banyak berita yang menyatakan bahwa telah terjadi kerusakan lingkungan yang hebat di Bombana, Puluhan ribu rakyat dengan peralatan yang ada mengeruk sungai, dinding, bukit di sana,. bila tidak di hentikan akan memberi dapak kerusakan lingkungan yang hebat.
Kompas hari ini memberitakan: "Tambang emas Bombana dikosongkan" (kompas tgl 9 Juni 2009). Dengan berita seperti ini, tentu pemerintah akan mengelolah tambang ini dengan sebaik baik-nya. Kembalikan Hak rakyat, biarlah ekonomi rakyat dapat bergerak dan memanfaatkan potensi alam bersama pemerintah, untuk kesejahateraan dan kemakmuran rakyat setempat.
Dengan pengelolahn yang bertanggung jawab, dan memperhatikan lingkungan hidup saya kira , potensi konflik yang akan timbul dari pengosongan tambang ini dapat di minimalkan.
Bila pemerintah tidak peka, dan memberikan konsesi luas pada perusahaan tambang besar, hal ini akan memicu konflik perlawanan rakyat terhadap pemerintah.
Endapkan dulu soal ini, emas yang ada tidak akan hilang, biarkan kelak akan di dapat jalan yang sama-sama menguntungkan pemerintah maupun rakyat setempat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan tulis komentar anda di kotak ini,komentar anda dapat mencerahkan bagi kita semua, terima kasih, tetap semangat dan selalu berbagi.