bus listrik fedder Metro kota Milan Italia
image by: balog
Tidak dinyana, saya masih di beri kesempatan oleh Tuhan yang
maha esa dapat berkunjung ke kota Milan Italia. Berangkat dari Bandara sukarno
hatta Jam 00.25 dini hari menumpang pesawat
A380 airbus Quatar airline kami menuju kota Milan Italia , setelah
terbang sekitar 9 Jam pesawat stop over transit di airport sibuk kota Doha di
negeri Quatar di timur tengah, setelah mengisi bahan bakar dan menambah
penumpang, pesawat melanjutkan
penerbangannya ke kota Milan yang memakan waktu sekitar 5 Jam lagi dan mendarat
di airport international MPX Malpensa kota Milan di Italia. Pilihan Quatar
airline karena tiket pesawat penerbangan inilah yang termurah saat ini.
Sesampai di airport Malpensa kita dapat memilih pengangkutan
ke kota yang berjarak kurang lebih 50 km
kepusat kota dengan taxi, bus atau tram yang disebut Malpensa express.
Yang terakhir ini yang kami pilih karena yang paling pasti dan termurah hanya
10 euro sekali jalan menuju centralstasion di kota Milan. Informasi yang saya dapat bila naik taxi sekitar 80
sampai 100 euro.
Bersamaan dengan membantu anak menyelesaikan admisnistrasi
sekolah , tempat pemondokan dan izin tinggal serta perbankan, yang berjalan
lancar, karena semua tempat tujuan telah di terangkan oleh pihak sekolah dan di
beri peta cukup lengkap, kita tinggal mengikuti petunjuk nya.
Dalam kesibukan membantu anak inilah saya sangat
menikmati dan merasakan bagaimana
gampangnya transpotasi kota Milan di laksanakan. Di kota ini ada tram , bus ,
dan train di dalam tanah yang di sebut Metro.
Terdapat tiga jalur Metro di kota Milan , Jalur hijau ,
jalur merah dan jalur kuning , di bawah
tanah dan kereta api untuk jarak jauh seperti malpensa expres dan kereta atm
yang menghubungi kota-kota besar di Italia bahkan ke kota-kota besar di europa.
Untuk memancing dan mensuport angkutan Metro, kota Milan didukung juga dengan bus ,tram serta bus listrik yang mempunyai jalur khusus berbarengan dengan jalan kendaraan umum lainnya. Namun demikian efisiennya angkutan ini, hingga saya hampir tidak melihat ada tempat yang terjadi kemacetan.
Untuk memancing dan mensuport angkutan Metro, kota Milan didukung juga dengan bus ,tram serta bus listrik yang mempunyai jalur khusus berbarengan dengan jalan kendaraan umum lainnya. Namun demikian efisiennya angkutan ini, hingga saya hampir tidak melihat ada tempat yang terjadi kemacetan.
Seperti di Singapore, karcis Metro dapat di beli di toko toko majalah disekitar stasion dan mesin tiket yang tersedia di depan pintu masuk jalur kereta bawah tanah ini. Kita bisa memilih sekali jalan atau bulanan bahkan untuk 10 kali jalan..banyak pilihan dengan harga yang diskon untuk pembelian yang berdurasi lebih lama seperti bulanan dan 10 kali jalan yang terkoneksi dengan angkutan kota seperti bus ,tram dan bus gandeng listrik yang disebut kartu ATM.Perjalan memakai Metro ini tidak berbeda dengan subway
( MRT) seperti di Kuala Lumpur maupun di Singapore, yang berbeda adalah pada saat kita memakai tram dan bus di atas tanah. Dalam pengamatan saya, hampir semua penumpang bus atau tram kurang disiplin memasukkan karcis ATM ketempat box pembaca yang telah disediakan , kemungkinan penumpang tidak membayar sangat mungkin , karena penumpang naik dari halte yang satu dan turun dihalte yang lain tanpa di periksa . Mungkin ini salah satu subsidi pemerintah bagi rakyat Milan dalam situasi krisis , jadi rakyat tidak di tuntut macam-macam.
( MRT) seperti di Kuala Lumpur maupun di Singapore, yang berbeda adalah pada saat kita memakai tram dan bus di atas tanah. Dalam pengamatan saya, hampir semua penumpang bus atau tram kurang disiplin memasukkan karcis ATM ketempat box pembaca yang telah disediakan , kemungkinan penumpang tidak membayar sangat mungkin , karena penumpang naik dari halte yang satu dan turun dihalte yang lain tanpa di periksa . Mungkin ini salah satu subsidi pemerintah bagi rakyat Milan dalam situasi krisis , jadi rakyat tidak di tuntut macam-macam.
Di setiap stasion dan halte tertera dengan jelas tujuan dan koneksi yang mungkin dalam trayek tersebut..jadi sangat mudah bagi saya untuk berpergian di seluruh pelosok kota Milan, namun harus extra hati-hati terhadapap copet di kota-kota eropah , mereka sangat terlatih dan dengan mudah
memperdayakan korbannya bila kita lengah..sayapun mengalaminya di satu station bawah tanah..hilang lah dompet baru ku..he he he.
Dari pengamatan saya, saya berani mengatakan transpotasi kota Milan lebih mudah dan efisien dari kota Singapore sekalipun..mudah sekali ada tiga macam bus atas tanah..bus listrik vanholl..bus konfensional dan tram modern dan tram tradisional..semua terkoneksi dengan rapih saling dukung sebagai feeder metro tram bawah tanah.merdeka, selalu melayani, terus bersemangat, hingga kita sampai baka..... by: balog karoseri bus indonesia
Kapan yah transportasi d jakarta seperti d milan
BalasHapussatu ketika ,kita pasti sampai seperti kota milan dengan transpots yang efisien semoga ya
Hapus