Minggu, 29 Januari 2012

Karoseri bus satu perusahaan penuh dinamika dan tantangan

image by: balog


Membangun perusahaan karoseri bus bukan hal yang muda, tidak gampang menemukan professional yang mampuni untuk mengurus perusahaan karoseri bus saat ini. Jadi tidak heran hampir semua karoseri bus di pimpin langsung oleh pemilik, sudah berapa banyak karoseri yang dipimpin professional gulung tikar , karena tidak sabar dan telaten serta ulet dalam memanage usaha yang satu ini.
Di perlukan pemimpin yang kuat dan penuh dedikasi serta jujur untuk menangani perusahaan karoseri tingkat Nasional seperti yang  ada saat ini.
Kurang kondusif nya usaha karoseri bus dapat di lihat dari beberapa hal seperti berikut ;
Eksternal :
 -banyak perusahaan otobus yang tidak bankable
 -harga chassis bus yang tidak terjangkau di banding
   pendapat perusahaan oto bus
 -persaingan harga karoseri  yang tajam
 -permintaan pemilik bus yang tidak standard,
   ingin tampil beda dalam persaingan.
Internal:   
-lemah dalam kwalitas dan inovasi
-tenaga kerja trampil terus berkurang , 
  sulit untuk peremajaan.
-biaya tenaga kerja terus melambung
-koordinasi yang harus terus menerus,
 s o p sangat sulit berjalan baik

Dengan kendala-kendala tersebut, maka tidak banyak karoseri bus, terutama bus besar dapat timbul menjadi bus manufacture besar yang dapat berproduksi di atas 100 unit perbulan

Senin, 16 Januari 2012

Produk Otomotif Esemka dan Nasionalisme

Esemka

OPINI | 14 January 2012 | 21:0667  Nihil


Hingar bingar mobil nasional hasil rakitan prototype anak-anak sekolahan  SMK (Esemka) akhir-akhir ini sedikitnya cukup membangkitkan rasa nasionalisme kita. Setidaknya bagi saya sendiri , yang dari muda telah bergerak dalam bidang otomotif. Ingin rasanya saya melihat mobil hasil rekayasa tehnik anak bangsa sendiri ini, dapat di terima oleh masyarakat dan ada keberpihakan pemerintah untuk membela hasil karya  bangsa sendiri
1326549515809653502
bus karoseri.
Sudah saatnya para elit dan pemimpin bangsa memikirkan bagaimana mobil nasional kebanggaan bangsa Indonesia dapat terwujud dan berseliweran di jalan-jalan protocol  berdampingan dengan mobil buatan Negara lain  .
Sebagai  anak bangsa saya yang berkarya dalam bidang karoseri bus juga merasakan, bagaimana sulitnya mendesign , merekayasa serta  membangun  body bus yang dapat di terima oleh masyarakat dan para pemilik operator bus yang ada di Indonesia.
Moment penting kebangkitan rasa nasionalisme atas hasil karya anak Esmeka ini, menjadi modal bagi  insan otomotif untuk berbenah diri dan lebih bertanggung jawab lagi untuk membangun mobil yang  baik, kuat, nyaman dan aman.
Mari kita ramai-ramai memakai produk dalam negeri..agar produk otomotif dalam negeri  menjadi  kebanggaan kita semua dan nama bangsa Indonesia dapat di sejajarkan dengan Negara-negara maju di dunia.

Rabu, 04 Januari 2012

Design baru bus medium tahun 2012















Terlihat cantik, manis, gagah dan kekar design karoseri Trijaya union memasuki tahun baru 2012 ini.
bus pariwisata 31 seat ini akan segera di operasikan di Jawa Barat.