Minggu, 31 Januari 2010

Askarindo mengadakan raker di caringin Bogor

David Heman Jaya
image by: balog helmi

Askarindo (Asiosiasi karoseri Indonesia) mengadakan rapat kerja nasional ke II tahun 2010 di villa bukit pinus , caringin  Bogor. Tgl. 29-30, Januari 2010.


Rapat di hadiri oleh dpd propinsi Banten, DKI Jakarta & Jawa Barat, Jawa tengah & amp;DIY, Jawa timur, serta lampung.

Rapat di buka oleh Ketua umum Dewan pengurus pusat asosiasi karoseri Indonesia Bapak David Herman Jaya.

Dalam rapat ini, Askarindo kali ini mendukung tema :"Standarisasi industri karoseri menyongsong era pasar Global". Yang di tambah dengan sub tema: "Dengan Globalisasi pasar industri karoseri menuju produk yang berkwalitas (quality) dan safety (aman)".

image by; balog

Tanpa banyak perdebatan Rapat umum di pimpin oleh ketua rapat, bapak Ir. Jembar s. Waluyo menelorkan beberapa rekomendasi yang akan di ajukan ke pada pemerintah.

Waktu banyak di isi oleh kegiatan kebersamaan dalam rangka menyelaraskan pandangan dan ke kompakan para peserta.

Rabu, 27 Januari 2010

Bus adi putro dengan livery awan dan burung efisiensi .po



image by: Thomas korompis.dr / A470 canon

Awan dan burung menjadi design livery bus PO. Efisiensi, Bus pariwisata karoseri Adi putro dengan home base di jawa tengah ini , melenggang tenang melintasi jalan raya di bilangan Slipi Jakarta , Lihat awan yang serasi dengan nuansa cuaca cerah sore hari di langit jakarta. Foto ini diambil saat penulis melintas mengendarai mobil bersama rekan Thomas korompis. DR hari minggu 24 januari 2010.

Jarang terlihat cuaca dengan pemandangan awan yang warna warni di atas kota Jakarta. Mungkin  pemakaian bahan  bakar  gas  dan  penerapan  peraturan     gas    buang    ( euro 2 ) bagi kendaraan telah ada manfaatnya .

Biasanya langit Jakarta terlihat kelabu, dengan debu yang bergantung di atmosfir udara jakarta.

Kita berharap Jakarta akan terus bersih udaranya dan penerapan peraturan Gas buang ala Euro terus bejalan, hingga udara di Indonesia akan terus terjaga kebersihannya.

Rakyat sehat negara kuat dan efisien .

Merdeka,
selalu melayani,
terus bersemangat,
hingga kita sampai baka

Kamis, 21 Januari 2010

Michael D Rulim, telah berpulang mendahului kita

Berita meninggalnya sdr.Michael D Ruslim, Ceo  Astra International. tbk , penulis dengar saat menghadiri rapat di gedung Krama yudha tiga berlian motor, sebelum pembukaaan rapat , direktur KTB , bapak Lambertus Hutauruk,  mengumumkan berita duka ini dan meminta para hadirin untuk berdiri serta mengheningkan cipta bagi arwah Michael D Ruslim.
Berita yang mengagetkan ini, begitu tiba-tiba, Menurut surat kabar ( kompas tgl 21/1-2010) , beliau meninggal di rumah sakit Mount Elisabeth, Singapore pada tangal 20 Januari , 2010 Jam 07. 08 Waktu Singapure, dalam usia 57 tahun.
Kita telah kehilangan seorang CEO yang handal, murah senyum dan sangat menyayangi negeri ini, ,


image from Kompas

Selamat jalan bung Ruslim, Semoga  amal bakti mu dapat di terima di sisi Tuhan dan keluarga yang di tinggalkan di beri kekuatan serta tawakal.

Selasa, 19 Januari 2010

Jonif linud 305 kostrad


bus Hino Dutro
image by: baloghelmi

Satu lagi fasilitas angkutan bus bagi kesejahteraan satuan aparat keamanan negara kita, Bus baru Hino Dutro di lengkapi dengan power stering ini, siap meninggalkan Triun untuk di serahkan agar dapat segera di operasikan di kesatuan Yonif Linud 305 Kostrad.


logo: Yonif linud 305 Kostrad

Bus dengan livery dan logo yang tegas ini, menunjukan lambang kesatuan Yonif Linud 305 tengkorak Brigif linud 17 kujang I Kostrad, dengan markas di teluk Jambe Krawang Jawa Barat.

Sejarah panjang telah menempa kesatuan elit ini, dari saat lahirnya di kancah peperangan kemerdekaan, pada saat Divisi Siliwangi Jawa barat hijrah ke Jawa tengah sampai saat ini masih tetap jaya.

Begitu banyak penugasan dan pengalaman perang kesatuan ini , sejak lahirnya sampai sekarang.

Semoga Jonif linud 305 Tengkorak tetap jaya dan melindungi negara dan bangsa Indonesia sampai jiwa meninggalkan raga dalam baka.

Kamis, 14 Januari 2010

karoseri bus terus berkembang dengan rekayasa rangka kokoh

bus terbentur hebat, namun rangka atap tetap kokoh
dempul /cat pun sulit terkelupas.
image by: baloghelmi

Karoseri bus besar terus berkembang , sejalan dengan maju tehnologi untuk merekayasa kontruksi rangka bus.
Biasanya rangka bus dibuat dari pipa baja kotak dengan ketebalan tertentu.
Banyak jenis – jenis  konstruksi rangka  bus besar yang ada di Indonesia, salah satu yang ternama dan terkenal adalah rekayasa kontruksi rangka baja dari karoseri Trijaya union.
Boleh dibilang ,satu rangka bus adalah fondasi kokoh bangunan bus ,disamping kokoh kuat , juga akan mempengaruhi ke indahan design body secara keseluruhan serta sangat mempengaruhi kestabilan bus dalam beroperasi.
Rangka bus yang bagus juga akan mendukung keamanan penumpang , bila pada saat terjadi benturan keras, rangka bus yang baik akan mengurangi kerusakan body, dan lebih muda diperbaiki bila terjadi kerusakan.
Dengan di dukung proses anti karat berupa pencucian dan pencelupan ulang dari plat baja (proses phostpating) yang akan dipasang di rangka diseluruh body bus, maka karoseri trijaya union , menjadi salah satu karoseri papan atas yang mempunyai alat proses tersebut. Tidak banyak karoseri di Indonesia mempunyai alat proses pencucian plat dan pencelupan phostpating ini. Proses ini terbukti membuat hasil karoseri Trijaya Union ,terkenal awet dan tahan karat sampai bus hasil produksi Trijaya Union dapat di panggil bus jadul triun.

bus triun jadul
image by; baloghelmi

Proses phostpating inilah hasil peninggalan tehnologi bus manafucturing TrijayaUnion , yang sampai sekarang tetap di lestarikan, mengingat hasil proses ini sangat berguna untuk membuat senyawa yang kuat antara plat baja dengan epoksi serta dempul menyatu , sehingga senyawa ini begitu kuat, menghasilkan  pengecatan yang jarang ada dempul /cat yang terkelupas ..

Senin, 04 Januari 2010

bus luragung siap melayani masyarakat pantura jawa barat.


image by balog


Menghadapi situasi saat ini, yang begitu sulit bagi pengusaha bus angkutan antar kota antar propinsi (akap)       po.Luragungjaya tetap setia merenovasi bus route Kuningan- Jakarta via pantura .


Tiada henti pemikiran keluarga, dalam menjalankan perusahaan yang telah melegenda di jalur maut pantura ini. Semua usaha telah di jalankan, untuk menjadikan po bus ini tentrem , sebagai alat angkut murah , di sayangi oleh penggemar , dan pencinta bus kesayangan masyarakat kuningan ini.

Setelah mengalami renovasi total , tukar baju,  di karoseri Triun selama kurang lebih 40 hari, lihat bus kuning khas luragung , telah siap untuk beroperasi lagi ,melayani masyarakat di sepanjang pantai utara jawa barat sampai ke kabupaten kuningan yang permai di kaki gunung Cereme.

Dengan livery khas luragung, bus ini gagah menembus mulusnya jalan pantura, yang telah selesai di perbaiki dengan membuat jalan menjadi dua arah ,terpasang pemisah jalan yang permanent,  dengan demikian di harapkan banyak kecelakaan dapat di hindari .